Minggu, 20 November 2016

Pengenalan Algoritma & Pemrograman

Pengenalan Dasar Algoritma dan Pemrograman

Dalam mempelajari Algoritma dan Pemrograman, pertama-pertama yang perlu dipahami adalah konsep-konsep dasar dari baik Algoritma maupun Pemrograman bahkan juga Program sebagai hasil dari pemrograman itu sendiri. Maka untuk itulah yang pertama kita akan singgung terlebih dulu adalah pengenalan definisi untuk Algoritma, pemrograman dan program.
Algoritma dapatlah didefinisikan dengan beberapa hal seperti berikut ini :
• Algoritma merupakan pola pikir yang terstruktur yang berisi tahap-tahap penyelesaian masalah.

• Algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.
• Algoritma berupa urutan langkah berhingga untuk memecahkan masalah logika dan matematika


Kemudian pemrograman sendiri secara definitif dapat dikatakan sebagai proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman. Dalam hal ini Bahasa Pemrograman merupakan prosedur / tata cara penulisan program
 Sedangkan program adalah kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.
Adapun definisi-definisi tentang Algoritma, pemrograman dan program tersebut dapatlah lebih jelas dipahami dengan mengenal hubungan antara Algoritma, pemrograman dan program itu sendiri. Yang dalam hal ini hubungan tersebut digambarkan dengan diagram berikut ini :
Gambar Diagram Hubungan Algoritma, Pemrograman dan Program

Diagram di atas dapat menggambarkan hubungan antara pemrograman dengan algoritma dan program. Dalam diagram ditunjukkan bahwa pemrograman adalah proses yang dimulai dari munculnya suatu permasalahan yang diinginkan untuk diselesaikan secara komputerisasi hingga menghasilkan sebuah produk yaitu program. Ketika masalah itu muncul, maka tahap penyelesaiannya adalah dimulai dengan membuat algoritma penyelesaian masalah yang kemudian melalui suatu bahasa pemrograman yang ditentukan dan dipilih serta digunakan berdasarkan penyesuaian algoritma yang telah dibuat, maka dihasilkanlah suatu program yang sesuai dengan keinginan.
Dikarenakan permasalahan pada pemrograman dilakukan secara komputerisasi, maka pemrograman ini tidak bisa dilepaskan dari siklus pengolahan yang terjadi pada sistem komputer (perangkat keras) itu sendiri berikut siklus pengolahan data di dalam sistem komputer. Adapun siklus pengolahan sistem komputer ini menggambarkan suatu arus proses pengolahan yang terus-menerus terjadi secara otomatis pada peralatan-peralatan perangkat komputer tersebut. Siklus pengolahan sistem komputer tersebut dapat dengan jelas terlihat dalam diagram sebagai berikut :


Peralatan-peralatan yang terdapat pada seperangkat komputer terbagi dalam beberapa kelompok peralatan seperti berikut ini :
1. Input Device : keyboard, scanner, kamera digital, mouse, joystick dll
2. Processing Device : CPU
3. Output Device : monitor, viewer, printer, tv dll
4. Storage Device : harddisk, flashdisk, memory card/chip dll
Sedangkan siklus pengolahan sistem komputer yang tergambar dalam diagram di atas dapatlah dijelaskan sebagai berikut :
Siklus pengolahan pada sistem komputer dimulai dari Input Device yang membawa bahan berupa data yang akan dikirim ke processing device untuk diolah. Dalam processing device pengolahan data yang terjadi dapat dikirim ke storage device sebagai backup/arsip ataupun dari storage device, data dapat dikirimkan kembali sebagai bahan yang akan diolah kembali di dalam processing device. Dari pengolahan data yang terjadi di processing device ini kemudian dapat dikirimkan ke output device sebagai informasi atau hasil dari pengolahan data.
Adapun pengertian atau definisi tentang Data dan Informasi itu adalah seperti berikut ini :
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.


Kemudian untuk siklus pengolahan data dalam sistem komputer itu dapatlah digambarkan seperti berikut :

a. Siklus Pengolahan Data secara dasar adalah seperti berikut ini :





b. Siklus Pengolahan Data yang telah dikembangkan adalah seperti berikut ini :


Adapun penjelasan untuk elemen-elemen bagian-bagian pengolahan data pada sistem komputer tersebut di atas dapat dijelaskan sebagai berikut ini :
 Origination :
Tahap ini berhubungan dengan proses dari pengumpulan data yang biasanya merupakan proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.
 Input :
Tahap ini merupakan proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat alat input (input device).
 Processing :
Tahap ini merupakan proses pengolahan dari data yang sudah dimasukkan yang dilakukan oleh alat pemroses (processing device), yang dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage
 Output :
Tahap ini merupakan proses menghasilkan output dari hasil pengolahan data ke alat output (output device) yaitu berupa informasi.
 Distribution :
Tahap ini merupakan proses dari distribusi output kepada pihak yang berhak dan membutuhkan informasi.
 Storage :
Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke simpanan luar (storage). Hasil dari pengolahan yang disimpan di storage dapat dipergunakan sebagai bahan input untuk proses selanjutnya
Siklus Pengolahan data dalam sistem komputer berbentuk dasar dimulai dari proses menginput data dilanjutkan dengan tahap memproses data itu sendiri sehingga menjadi tahap output. Sedangkan siklus pengolahan data yang telah dikembangkan dimulai dari tahap origination kemudian dilanjutkan ke tahap input data. Dari tahap input data diteruskan ke tahap processing. Pada tahap processing ini, akan bekerja sama dengan tahap storage baik untuk penyimpanan data maupun untuk mengakses dari tahap storage. Dari tahap processing dilanjutkan ke tahap output dan kemudian dapat juga dilanjutkan kembali ke tahap distribution.
Dengan mengacu pada siklus pengolahan (perangkat keras) sistem komputer dan siklus pengolahan data pada sistem komputer inilah, apabila akan menjalankan pemrograman, khususnya di sini adalah pemrograman terstruktur, maka algoritma yang dibuat disesuaikan dengan siklus pengolahan sistem komputer di atas, baik itu secara perangkat keras maupun siklus pengolahan datanya. Dalam hal ini penyesuaian tersebut terletak pada saat membuat bagian-bagian dalam algoritma, yang hendaknya mengacu pada elemen-elemen dan siklus pengolahan data dan sistem komputer tersebut.

Sumber: cuteboy70.blogspot.co.id

NB: Blog ini dibuat untuk menyelesaikan tugas dari asdos kami yaitu kak afifah.

0 komentar:

Posting Komentar